Gubernur Soekarwo Peroleh Penghargaan Akuntan Award 2017

img

Jatim Newsroom – Gubernur JawaTimur, Soekarwo, kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini, penghargaan “Akuntan Award 2017” diberikan oleh Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntansi Indonesia (DPN IAI).

Penghargaan diserahkan Ketua DPN IAI, Mardiasmo, dan Ketua Dewan Penasihat Nasional IAI, Moermahadi Soerja Djanegara, disaksikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla pada acara Pembukaan International Seminar IAI 60th Anniversary Toward 2030: Transforming Role Professional Accountants in the New Economy Order di Ballroom Hotel Crowne Plaza Semarang, Rabu (14/12) siang.

Penghargaan tersebut diberikan karena dedikasi, prestasi, inovasi dan kontribusi Jawa Timur dalam mengimplementasikan akuntansi pada sistem pemerintahan. Dengan begitu terciptalah sebuah transparansi dan akuntabilitas, sehingga berdampak pada terangkatnya citra profesi akuntan di masyarakat.

Menjawab pertanyaan media mengenai arti penghargaan ini, Pakde Karwo-sapaan Gubernur Soekarwo, mengatakan baginya penghargaan ini merupakan bentuk keberhasilan semua pihak, baik Pemprov Jatim sebagai tim work maupun masyarakat Jatim secara keseluruhan. Utamanya keberhasilan dalam pengelolaan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Langkah tersebut penting dilakukan untuk mewujudkan good governance.

“Semoga akuntan award ini semakin mendorong meningkatkan kinerja Pemprov. Jatim dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan semakin lebih baik” tuturnya.

Pakde Karwo juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan kepada IAI. Ini adalah lembaga profesi besar yang telah berdiri dan berkiprah sejak lama, yakni sejak 60 tahun lalu.

Akuntan Profesi Penting

Dalam sambutannya, Wapres RI, Jusuf Kalla,mengatakan profesi akuntan dinilai sangat penting, terutama karena didasarkan pada disiplin, dedikasi dan kepercayaan. Tanpa ketiganya, profesi akuntan kurang mendapat penghargaan.

“Modal utama akuntan adalah kepercayaan dan keahlian. Tanpa akuntan, negara ini akan kocar-kacir, perusahaan tidak tahu apa yang harus dilakukan,” ujar Wapres Jusuf Kalla.

Untuk itu, lanjutnya, menjaga etika profesi ini, termasuk memegang kerahasiaan, dengan baik harus dilakukan untuk memperoleh kepercayaan masyarakat. Alasannya, akuntan merupakan profesi yang memegang kerahasiaan.

Untuk itu, Wapres RI yang akrab disapa JK berharap agar akuntan juga tidak hanya mencari kesalahan, tetapi memberikan solusi agar perusahaan berjalan dengan baik dan transparan.

Menurut Wapres, profesi akuntan juga sangat dinamis. Dengan perkembangan teknologi, akuntan lebih terbantu, sehingga laporan harian, bulanan, dan tahunan bisa diperoleh saat itu juga.

Empat Penerima Penghargaan

Selain kepada Gubernur Jatim, Akuntan Award 2017 diberikan kepada Wakil Ketua BPK RI Bahrullah Akbar, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly, dan CEO BCA Jahja Setiaatmadja. (red)

WordPress Video Lightbox Plugin